Cara Setting Hotspot di Mikrotik dengan Winbox

Cara Setting Hotspot di Mikrotik dengan Winbox - Hotspot merupakan salah satu fitur populer yang dimiliki oleh Router Mikrotik. Nah, hotspot itu sendiri banyak ditemukan di area sekolah, kampus, cafe dan tempat publik umum lainnya.

Tahukah kamu bahwa hotspot dan wifi itu memiliki perbedaan? Sebagian besar orang mungkin tidak paham betul perbedaan antara hotspot dan wifi. Nah, disini akan dijelaskan apa yang menjadi pembeda antara hotspot dan wifi.

Tidak seperti wifi, hotspot kebanyakan tidak menggunakan password sehingga semua user yang ada di area tersebut dapat terkoneksi dengan mudah tanpa harus memasukkan kata kunci. Hotspot ini kemudian akan mengarahkan user menuju halaman login yang ada di Web Browser.



Sementara untuk wifi sendiri, Anda harus mengetahui dan memasukkan kata kunci agar bisa menggunakan sambungan internet yang satu ini. Wifi yang muncul akan di password dengan menggunakan WPE atau WPA.

Nah, sudah tahu bukan perbedaan antara hotspot dengan wifi? Namun disini hanya akan membahas salah satu dari kedua fitur tersebut. Yang akan dibahas disini yaitu mengenai cara setting hotspot di mikrotik dengan winbox.

Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai cara setting hotspot di mikrotik dengan winbox kamu harus mengetahui bahwa agar bisa leluasa menggunakan hotspot, kamu harus mempunyai login name atau account yang dibuat oleh operator.

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa hotspot ini menggunakan web saat proses loginnya sehingga memudahkan kamu untuk mendapatkan hotspot di sekitar area kamu berada.

Namun yang masih disayangkan ialah tidak sedikit orang yang tidak mengetahui bagaimana cara mengatur hotspot yang ada di mikrotik dengan menggunakan winbox. Maka dari itu, disini akan disajikan bagaimana cara setting hotspot di mikrotik dengan winbox yang baik dan benar.
  1. Langkah pertama, lakukanlah login ke winbox. Setelah itu, klik Menu "IP > Hotspot" agar lebih mudah, kamu bisa melakukannya dengan menggunakan Hotspot Wizard.
  2. Yang kedua, pilih hotspot setup. Hotspot setup ini berada di samping kanan reset HTML.
  3. Setelah memilih hotspot setup kemudian pilih next di bagian setup pool address.
  4. Selanjutnya kamu akan menuju di bagian Select Certificate, pada bagian ini klik next seperti pada langkah sebelumnya.
  5. Langkah kelima, kamu akan menuju ke bagian SMTP server. Sama seperti kedua cara sebelumnya, kamu juga harus memilih next.
  6. Kemudian, kamu akan berada di Dns server. Nah disini kamu juga harus mengeklik next.
  7. Setelah kamu mengeklik next pada Dns server, dns name yang tersedia harus dikosongkan dan tidak boleh diisi.
  8. Lalu pilih hotspot user kemudian klik next.
  9. Setelah itu, akan muncul sebuah tampilan.
  10.  Nah, kemudian kamu harus memilih user profile. Dalam user profile tersebut masukkan dengan id yang kamu inginkan.
  11. Setelah kamu memasukkan id yang diinginkan, maka akan kembali muncul sebuah tampilan.
  12. Langkah terakhir dalam cara setting hotspot di mikrotik dengan winbox ialah kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan komputer yang masuk dalam jaringan hotspot yang interface dari hotspot tersebut dan sudah ditentukan. Kamu bisa membuka aplikasi browser seperti chrome atau firefox setelah itu buka website yang ingin kamu buka, jika berhasil kamu akan diarahkan ke bagian login page hotspot mikrotik.
Baca juga : Cara Setting Peer To Peer Jaringan Laptop atau PC
Nah, cukup mudah bukan cara setting hotspot di mikrotik dengan winbox? Kini kamu bisa mendapatkan hotspot dengan mudah hanya dengan menggunakan cara yang satu ini.

Semoga pembahasan mengenai cara seting hotspot di mikrotik dengan winbox dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEKILAS TENTANG KAMI AufaNet Hotspot yang beralamat di Desa Pasurenan Kecamatan batur Kabupaten Banjarnegara de ngan bisnis utama dib...

Most Reading